Jumat, 04 April 2014

Keep Diving


Keep Diving

Belajar menyelam memang seru, penuh hal-hal baru yang tidak semua orang pernah alami. Namun bagi sebagian orang, banyak yang setelah belajar menyelam, tidak atau jarang lagi menyelam secara rutin. Padahal banyak aspek yang positif dengan kita terus menyelam. Baik dari segi kesehatan untuk melepaskan stress, olah raga, dan menghirup udara di dalam tekanan yang 'katanya' bisa membuat lebih awet muda; hingga banyaknya teman-teman baru dan wawasan baru tentang lingkungan yang lebih baik.

Ada pepatah lama 'alah bisa karena biasa'. Bagi yang jarang menyelam, bisa jadi mereka kurang menikmati saat menyelam di bawah air. Lakukan saja terus, sehingga tubuh terlatih untuk aktifitas fisik menyelam. Tubuh akan beradaptasi untuk menyesuaikan diri dengan lingkungan bawah air. Saran lain adalah: jangan juga belajar sendiri, tapi ikuti kursus menyelam yang benar, dapatkan ilmunya, dapatkan tekniknya. Dengan memiliki ilmunya, proses belajar akan lebih cepat. Pengalaman orang lain adalah guru yang yang paling baik. Daripada belajar sendiri dan mungkin lama prosesnya dan tidak mantap ilmunya, lebih baik belajar langsung ke ahlinya. 
Bagi yang sudah sering menyelam, lakukan terus secara rutin. Seperti juga olahraga lain, semakin rutin dan teratur kita melakukannya, semakin baik keterampilan kita dan semakin sehat kita. Perdalam terus ilmu menyelamnya. Teknologi menyelam berkembang terus. Menyelam bukan cuma nyemplung ke dalam air lihat-lihat ikan. Banyak aspek ilmu pengetahuan di dalamnya. Pastikan secara rutin tambah pengetahuan penyelaman setiap bulan atau setiap tahunnya.

Lakukan pula hal di luar 'hanya' menyelam, seperti fotografi bawah air, melakukan identifikasi hewan air, mengikuti kegiatan survey terumbu karang, membuat film-film kecil dunia bawah air, atau mengajar selam. Semuanya akan menambah nikmatnya aktifitas menyelam itu sendiri.


Ada klip video dari PADI (Professional Association of Diving Instructor) tentang hal ini....



Okay, segera kontak PADI Dive Center terdekat untuk nambah ilmu menyelamnya :-)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar