Rabu, 05 November 2014

Divecomp Suunto Tidak 'ON' Saat Memasang Transmitter

Pernah nggak kalian para pengguna divecomp Suunto pada saat memasang transmitter kemudian keran udara tangki dibuka, ternyata - lho kok - penunjuk tekanan tangki tidak muncul di layar divecomp?

Kasus ini kadang terjadi pada pengguna divecomp Suunto yang menggunakan transmitter saat menyelam, seperti Suunto D4i, D6i, D9tx, dan Dx

Suunto D4i D6i, D9tx, Dx


Fungsi Transmitter 
Transmitter Suunto
Fungsi transmitter ya untuk men-'transmit' atau mengirimkan data yang diperoleh ke receiver/penerima yang ada di divecomp yang dipakai penyelam. Data apa yang diperoleh transmitter? data berapa sisa udara yang berada dalam tangki. Itu berarti juga fungsi transmitter menggantikan fungsi selang udara penghubung antara 1st-stage pada tangki dengan submersible pressure-gauge (SPG), sehingga tidak perlu repot terbelit selang konsol (console).

Supaya koneksi tersebut berhasil dengan baik, syaratnya adalah divecomp dan transmitter harus dipasangkan dengan kode angka unik tertentu. Pada setting di divecomp hal itu disebut 'pairing'. Kode angka unik tersebut untuk memastikan supaya tidak ada sinyal yang bentrok bila di dekat situ ada pengguna transmitter Suunto yang lain. Untuk mengaktifkannya, lakukan langkah berikut:

  1. Masuk ke menu 'Tank Press Pairing' di divecomp. 
  2. Masuk menu 'Dive Mode', cari menu  'Tank Press Pairing'. Lihat Petunjuk Manual masing-masing jenis divecomp untuk detilnya.
  3. Pastikan settingnya ON, bukan OFF.
  4. Kembali ke menu utama 'Dive Mode'
  5. Pasang transmitter di lubang High Pressure (HP) di 1st stage yang sudah terpasang pada tangki.
  6. Buka keran (valve) udara tangki.
  7. Transmitter akan aktif bila isi tangki lebih besar dari 15 bar. Begitu keran dibuka, transmitter akan mengirim data dan kode angka pairing. Bila divecomp tidak mendapatkan kode angka pairing tersebut, pada bagian kiri bawah layar akan tampil “cd:--”. Simbol petir tidak muncul di kiri bawah layar. Solusinya: dekatkan divecomp ke transmitter, tunggu beberapa saat sampai sinyal mulai diterima dan simbol petir muncul.
Bagaimana kode pairing tersebut terbentuk?
Kita tidak dapat memilih kodenya secara manual, kode akan dibuat oleh transmitter secara otomatis. Kita hanya dapat menghapus (clear) kode pairing yang dibuat transmitter, kemudian men-setting ulang sehingga transmitter dipaksa untuk membuat kode pairing yang baru.

Kenapa output transmitter tidak muncul di layar divecomp? 
Ini karena sinyal transmitter yang diperoleh divecomp bentrok dengan sinyal dari transmitter lain, kemungkinan terjadi karena ada beberapa transmitter yang aktif juga. Hubungan antara transmitter dan divecomp hanya dapat terjadi bila terjadi 'pairing'.

Oke, jadi bagaimana solusinya kalau terjadi bentrok kode seperti itu? 

1. Lakukan ulang proses pairing
  • Buka keran udara tangki pelan-pelan hingga terbuka penuh.
  • Lalu tutup keran cepat-cepat sampai tidak ada lagi udara keluar dari tangki, dan buang sisa udara di selang dengan menekan 'purge' pada regulator. Akibatnya tekanan turun hingga kurang dari 10 bar atau bahkan nol. Tunggu sekitar 10 detik, lalu buka lagi keran udara tangki sampai terbuka penuh. Transmitter akan memberi kode angka pairing yang baru secara otomatis.
Kalau cara nomor 1 masih gagal, lakukan cara ke 2.
2. Hapus kode angka pairing
  • Masuk menu 'Dive Mode'
  • Masuk menu 'Tank Press Pairing'
Suunto Tank Press Pairing

  • Ubah Statusnya menjadi 'Clear' 
 Suunto Tank Press Clear

  • Kembali ke menu Dive Mode, untuk menyimpan (Save).
  • Lakukan proses nomor 1 kembali

Coba lihat juga film berikut:



Tidak ada komentar:

Posting Komentar