Selasa, 26 Desember 2017

Cantolan Stainless Steel kok Berkarat?


Kamu pernah punya cantolan/kaitan untuk peralatan selam? Entah untuk kamera, pointer, surface marker, atau yang lain. Waktu beli dibilang katanya stainless steel, laa kok ternyata berkarat juga. Waduuh...

Ternyata ya, sebetulnya ada beberapa material logam yang biasa dipakai untuk cantolan peralatan selam. Ada yang warnanya kuning kusam dan ada yang warna metalik/perak. Naa, yang warnanya kuning kusam itu terbuat dari logam kuningan, atau besi yang dilapisi kuningan. Kenapa dilapisi kuningan, ya supaya lebih tahan karat, soalnya kalau sering kena air laut atau air klorine air kolam renang jadi cepat berkarat. Selain itu ada lagi yang warnanya metalik keren, itu dari bahan stainless steel atau bahasa Indonesianya baja anti karat.

Btw, walau disebut baja anti karat, tapi tidak sepenuhnya benar loo. Ada teman-teman penyelam yang sudah pakai, tapi kok ternyata berkarat juga. Walau ada juga yang tetap bagus sama seperti sejak awal beli. Selidik punya selidik, ada sebabnya tuh :-)

Berdasarkan komponen pembentuknya bahan stainless steel yang dipakai ternyata ada perbedaan materialnya, yang dibedakan melalui kode, yaitu 304 dan 316. Seringkali disebut Stainless Steel 304 atau Stainless Steel 316. 


Stainless Steel 304

Bahan ini memang tahan karat, tapi pada rentang waktu yang cukup lama bila terpapar air garam yang korosif, yaa tekor juga ternyata. Menurut beberapa literatur kode 304, artinya mengandung:
- 18% krom
- 8% nikel

Apa kelebihannya?
- lumayan tahan karat, dengan biaya produksi yang lebih rendah
- lumayan tahan oksidasi atau proses karat





Stainless Steel 316

Kalau bahan yang ini, lebih anti karat lagi daripada yang 304. Komponen pembentuknya antara lain:
- 16% krom
- 10% nikel
- 2 % molibdenum

Katanya ya, bahan molibdenum itu yang bikin baja 316 lebih tahan karat, selain persentase nikelnya juga lebih tinggi. Buat kita-kita yang sering mbasahin insang di air laut sambil bawa-bawa kamera, pointer, dan lain-lain, lebih baik pake cantolan/pengait/snap-hook yang dari material stainless steel 316 ini. Selain bahannya kuat, penampilannya juga cantik selalu, lebih tahan lama pula. Memang harganya lebih mahal juga, tapi kan tahan lama...dihitung-hitung murah juga deh :-). Coba cari-cari di toko online Bubblemakers, siapa tahu ada yang cocok.





Salam selam

www.bubblemakers.id





1 komentar:

  1. Baja tahan karat atau stainless steel 304 paling umum digunakan untuk berbagai kepertluan dalam industri

    BalasHapus