Senin, 29 Juli 2013

Nite Dive di Samalona

Siapa yang belum pernah menyelam malam, aka night dive?

Buat pencinta fotografi bawah air, kesempatan menyelam malam jarang sekali dilewatkan, soalnya banyak binatang nokturnal yang bentuknya unik. Btw, apa itu nokturnal? Nokturnal adalah jenis hewan yang mencari makan pada saat malam hari, sementara di siang hari mereka tidur. Kalau di darat mungkin contohnya adalah burung hantu, kelelawar, kuskus, dan tikus. Kebalikannya disebut diurnal, yaitu hewan yang aktif saat terang (siang hari) dan istirahat saat gelap (malam hari).

Naah, pertengahan Ramadhan kemarin, beberapa kawan mengajak untuk nite-dive dan juga menemani beberapa teman yang hendak nite-dive untuk menyelesaikan program PADI Advance Open Water mereka. Bagi yang belum tahu, nite-dive ini dalam kurikulum PADI dimasukkan dalam bagian Adventure Dive. Mereka yang telah memiliki sertifikasi Open Water Scuba diperbolehkan mengikuti jenis penyelaman ini. Ini karena dengan pengalaman di kelas Open Water Scuba yang telah mereka peroleh, semestinya penyelam tidak lagi disibukkan dengan alat yang mereka pakai, namun sudah fokus pada kondisi lingkungan penyelaman. Apalagi ditambah suasana atas dan bawah air yang gelap, di mana sinar bantu hanya dari senter bawah air dan sinar bulan.

Jadilah setelah sholat tarawih, kita gear up dan langsung berangkat ke dermaga untuk menuju ke Samalona. Cuaca relatif bagus, berangin dingin seperti biasa, tidak berombak, tidak ada arus. Kurang lebih sekitar jam 11 malam kita masuk ke air dan selesai menyelam sekitar jam 1 pagi.

Cukup infonya, berikut beberapa foto yang berhasil diambil di bawah air...
(Seperti biasa, layangkan (hover) kursor mouse di atas gambar untuk memperbesar)

bubblemakerscuba.com makassarbubblemakerscuba.com PADI Dive Center @ makassarbubblemakerscuba.com PADI Dive Center @ makassar bubblemakerscuba.com PADI Dive Center @ makassar
bubblemakerscuba.com PADI Dive Center @ makassar bubblemakerscuba.com makassar bubblemakerscuba.com PADI Dive Center @ makassar

Tidak ada komentar:

Posting Komentar