Rabu, 20 Juli 2011

Dive Computer - don't go dive without it (2)


Suunto D9tx - Bubblemakerscuba.comData hasil perhitungan yang dapat terlihat langsung saat di dalam air seperti:
- temperatur air, bila temperatur berubah-ubah maka tampilan nilai temperatur juga berubah otomatis
- kecepatan naik/turun, bila terlalu cepat akan muncul grafik yang menandakan terlalu cepat. Pada beberapa jenis divecomp, peringatannya juga diiringi dengan bunyi 'tiit...tiiit' yang cepat bila batas kecepatan itu dilanggar.
- berapa lama waktu saat menyelam (bottom time), biasanya ditampilkan dalam satuan menit
- sisa udara di tangki, pada divecomp yang dilengkapi dengan transmitter penyelam dapat memonitor sisa udara dalam tangki yang datanya dikirim transmitter yang menempel di first-stage tangki.
- arah yang dituju penyelam, bila divecompnya ada fasilitas kompas
- tercapainya batas kedalaman yang direncanakan, divecomp akan berbunyi saat batas kedalaman tercapai
- dan yang paling penting adalah berapa lama seorang penyelam boleh berada di kedalaman tertentu, di sini divecomp menghitung berdasarkan algoritma matematika yang cukup rumit sesuai dengan teori dekompresi penyelaman
- dimulainya hitung mundur (countdown) saat safety-stop

Apabila penyelaman telah selesai dan penyelam keluar dari air, maka divecomp melakukan proses perhitungan berikutnya berdasarkan waktu saat keluar dari air tadi, seperti:
- pencatatan waktu selesai menyelam
- kapan penyelam boleh terbang (no-fly-time)
- mulainya perhitungan waktu surface-interval

Semakin canggih divecomp tentu fasilitas yang ada akan lebih banyak. Namun paling tidak hal-hal di atas adalah fitur standar yang penting dari divecomp.

Setiap penyelam rekreasi yang sudah memiliki sertifikat tentu tahu bahayanya menyelam dekompresi, maka itu tentu tahu arti penting dari divecomp ini. Untuk menjaga nyawa kita yang cuma satu ini, tentu tidak boleh menghitung dengan menduga-duga, perlu instrumen khusus yang dirancang untuk hal tersebut. Pada umumnya ini sering diabaikan oleh penyelam tanpa sertifikat.. :-(


Beli Divecomp  Online - Dive Computer - don't go dive without it (1)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar